Anggota Kelompok :
- Rani Puspita (202146500697)
- Atika Zahra Fadhilah (202146500717)
Drama merupakan jenis karya sastra yang melibatkan emosi atau konflik
dengan menggambarkan kisah realita kehidupan melalui peran dan dialog yang ditampilkan.
Drama “School 2017” yang di produksi oleh KBS TV nasional Korea menceritakan sistem
hierarki nilai pada kala itu di sekolah SMA Geumdo. Rumusan masalah penelitian
ini yaitu bagaimana sistem penilaian sekolah di SMA Geumdo menyebabkan para
siswa tidak sanggup menghadapi penilaian dan cara mengatasi stress dalam
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem penilaian
seperti apa yang dilakukan pada drama korea School 2017 yang menyebabkan
permasalahan tersebut terjadi dan Penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui secara mendalam kondisi siswa berusia 18 tahun dalam mengatasi stres
dan banyak mimpi untuk masa depan. Namun hal itu tidak berjalan dengan lancar
karena sistem sekolah SMA tersebut, ini menjadi problematika bagi para siswa.
Ujian sekolah menjadi berat bagi mereka karena sistem sekolah yang tidak adil
dan mereka menghadapi tekanan peringkat berdasarkan nilai ujian. Metode yang
akan digunakan penelitian ini yaitu semiotika pemikiran Pierce. Dimana dalam
teori Pierce dijelaskan bahwa tanda terdiri dari 3 elemen yaitu elemen Sign
terdiri dari simbol (melalui sebuah kesepakatan), ikon (perwakilan fisik), dan
interpretant (sebab akibat). Lalu elemen object diartikan sebagai acuan tanda.
Serta elemen interpretant yang merupakan sebuah pemikiran seseorang pengguna
tanda yang menjadikan tanda tersebut sebagai sebuah makna. Hasil penelitian ini
menunjukkan suatu sistem sekolah yang ada pada film school 2017 yang membuat
para siswa disekolah tersebut tidak sanggup dalam mengikuti pembelajaran karena
sistem hierarki nilai yang diterapkan, hal tersebut membuat siswa melakukan
pemberontakan agar sistem penilaian disekolah kembali normal menjadi lebih adil.
Model teori Pierce memfokuskan pembahasannya pada 3 elemen dimana dalam
penelitian ini elemen sign ditunjukkan dengan scene yang ada pada drama school
2017, lalu pada elemen object ditunjukkan dengan drama school 2017, dan
interpretant dalam penelitian ini yaitu tindakan yang dilakukan pemeran pada
drama tersebut.
Kata Kunci : Drama, School 2017, Makna Drama, Semiotika, Hierarki Nilai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar