Kamis, 09 Maret 2023

Hubungan Semiotika dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi Orang Bermain Voli
(source: pinterest)

    Semiotika merupakan ilmu tentang tanda-tanda yang memiliki hubungan dengan berbagai aspek. Sebagai contohnya kita bisa melihat hubungan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Disini saya akan menjelaskan hubungan tersebut dengan salah satu benda yang biasa saya mainkan yaitu bola voli. 
    Bola voli merupakan sebuah benda yang biasa digunakan orang-orang untuk bermain atau melakukan kegiatan olahraga, begitupun dengan saya. Benda tersebut menurut saya memiliki sebuah memori yang saya tidak bisa lupakan karena bola voli memiliki kisah tersendiri di hidup saya. Sejak kecil saya selalu tidak betah terhadap apa yang saya sukai atau lakukan seperti halnya dalam mendalami sebuah kegiatan. Pada saat masih SD saya tidak begitu suka bermain bola voli karena menurut saya memainkannya sangat melelahkan dan tangan saya menjadi sakit saat bermain. Tetapi semua itu berubah ketika saya di paksa ibu saya untuk mengikuti klub bola voli dimana kakak-kakak saya juga mengikuti pelatihan bola voli disana. Ibu saya sangat menyukai bola voli maka dari itu, ia ingin semua anaknya menjadi pemain voli. Tetapi karena saya tidak suka mengikuti klub bola voli tersebut, saya pun berhenti, dan ibu saya pun menyerah memaksa saya untuk pergi latihan bola voli. 
    Tetapi saat saya memasuki SMP saya bermain bola voli lagi yaitu dengan mengikuti ekskul bola voli di sekolah saya dikarenakan saya bingung mengikuti ekskul apa dan yang saya bisa lakukan hanya bermain voli pada saat itu. Saat di SMP saya mulai menyukai bola voli atau bermain voli karena saya bisa bertemu banyak teman-teman yang asik, dan saat smp saya juga mengikuti perlombaan bola voli dan sekolah saya menang. Sejak kemenangan tersebut saya menjadi lebih giat lagi bermain voli yang berlanjut sampai saya memasuki SMA, hingga sekarang meskipun tidak sesering dulu. Bermain bola voli bisa dibilang menjadi hobi saya. Ketika melihat bola voli saya selalu teringat momen saat dimana saya dengan teman-teman sekolah saya bermain dan latihan voli bersama, seperti latihan voli saat hujan-hujan, bolos latihan bersama-sama dan malah nongkrong disalah satu rumah teman saya, serta saat perlombaan dimana tim putra dan tim putri saling mendukung satu sama lain. Begitu banyak momen didalamnya, menurut saya momen tersebut merupakan suatu hal yang sangat berkesan dan menyenangkan untuk diingat.

    Pada semiotika terdapat teori segitiga makna yang berisi tiga konsep atau elemen, yaitu: sign, object, dan interpretant. Teori tersebut dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce yang mana ia merupakan salah satu tokoh yang menjadi poros awal pembahasan semiotika, atau biasa dikenal sebagai ilmu tentang tanda-tanda. 
Menurut Pierce, sign terdiri dari simbol (muncul melalui sebuah kesepakatan), ikon (muncul melalui perwakilan fisik), dan interpretant (muncul melalui sebab akibat). Sign yang terdapat pada kehidupan sehari-hari saya yaitu ketika saya bermain voli. Dimana ketika memainkan bola voli tersebut pasti saya teringat akan kenangan saat saya masih berada di sekolah menengah.
Berikutnya terdapat elemen object, dimana object diartikan sebagai acuan tanda yang menjadi referensi suatu tanda. Pada cerita saya yang menjadi object adalah sebuah bola voli. Element berikutnya setelah object yaitu ada elemen interpretant, biasa disebut juga sebagai pengguna tanda. Yang mana interpretant adalah sebuah konsep pemikiran seseorang pengguna tanda yang menjadikan tanda tersebut sebagai sebuah makna tertentu. Interpretant pada cerita saya yaitu dimana saya mengaplikasikan bermain bola voli tersebut sebagai kegiatan yang mengisi waktu luang saya atau bisa disebut sebagai hobi saya, lalu disisi lainnya bermain voli biasanya digunakan orang-orang begitupun saya untuk berolahraga agar badan menjadi lebih sehat.

Cerita diatas merupakan salah satu pengalaman yang saya tidak bisa lupakan. Pada cerita tersebut saya juga mendapatkan pemahaman terhadap pembahasan materi hubungan semiotika. Dan pada cerita tersebut bisa disimpulkan bahwa hubungan semiotika dapat ditemui dimanapun seperti contoh diatas yaitu dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dari saya, terima kasih.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengidentifikasi Mitos Metonimi dan Metafora pada Jurnal Series ”School 2017”

Mitos : menurut analisis yang telah kami lakukan, mitos yang terdapat pada series School 2017 memperlihatkan aksi karakter utama yang menya...